Sabtu, 08 Desember 2012

Tips Ringan Menyimpan Bahan Makanan

Tak semua bahan makanan yang kita siapkan langsung untuk dikonsumsi. Untuk alasan kepraktisan, biasanya beberapa bahan makanan disimpan terlebih dahulu sebelum diolah. Bahan-bahan makanan membutuhkan perlakuan khusus ketika disimpan supaya tetap awet dan segar.

Berikut beberapa tips ringan yang bisa Anda terapkan untuk menyimpan bahan makanan tersebut.

Ikan

Bersihkan ikan sampai benar-benar bersih kemudian gosok-gosok permukaan kulit ikan dengan garam dan kunyit. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya dalam wadah plastik di dalam freezer. Cara ini bisa membuat ikan tahan lebih dari satu hari.

Daging

Simpan daging di dalam lemari pendingin dengan bungkusan aluminium foil supaya permukaan daging tak kering.

Kentang

Simpan kentang di tempat gelap bersuhu dingin untuk mencegah tumbuhnya tunas-tunas dari dalam kentang.

Tomat

Tomat disimpan dan dibekukan di dalam freezer agar tomat bisa disimpan lebih lama.

Jeruk Lemon

Bungkus potongan jeruk lemon dalam kantong polythene lalu simpan dalam lemari pendingin. Jeruk lemon akan tetap menghasilkan cairan segar saat hendak diolah.

Buah-buahan

Buah-buahan yang telah dipotong dikucurkan air perasan jeruk nipis atau diberi tablet vitamin C dosis rendah kemudian disimpan dalam lemari pendingin.

Seledri

Sebaiknya tak membilas atau mencuci seledri sampai ketika diolah. Pada posisi berdiri di dalam segelas air hangat, letakkan seledri segera setelah dibeli kemudian keringkan dengan menggunakan tisu dapur atau handuk kertas. Tekan perlahan sampai seledri kering dan bungkus bagian akar dengan handuk kertas yang telah dibasahkan. Simpan dalam laci atau kotak sayuran.

Mentega

Sebaiknya mentega disimpan dalam lemari es dengan bungkusan yang tertutup rapat dan dijauhkan dari makanan yang beraroma tajam.

Es Krim

Es krim dimasukkan dalam plastik terkunci (Ziploc) kemudian dimasukkan dalam freezer. Cara ini akan menghentikan kristal es yang terbentuk saat es krim disimpan di dalam freezer.

Santan

Tambahkan sedikit garam pada santan untuk mencegah santan segar dari bau tengik.

Putih Telur

Sisa putih telur disimpan dalam freezer dalam wadah kering dan benar-benar bersih serta bebas lemak. Putih telur yang membeku ini bisa digunakan kembali untuk beberapa olahan dengan kualitas yang masih terjaga dengan baik.

Olahan Goreng Garing

Olahan goreng garing disimpan dalam kantong polythene. Makanan ini akan tetap renyah setelah dihangatkan kembali.

Kaldu atau Sup

Simpan kaldu atau sup dengan cara mencetaknya dalam nampan es batu kemudian dibekukan. Kubus-kubus kaldu atau sup ini disimpan di dalam freezer dan bisa digunakan sewaktu-waktu jika Anda membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar