Selasa, 11 Desember 2012

Tiga Jenis Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang berasal dari buah zaitun. Minyak zaitun memegang peranan penting dalam kesehatan dan kecantikan karena di dalamnya banyak mengandung senyawa kimia aktif seperti fenol, tokoferol, sterol, pigmen, dan squalene.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dosis tinggi, vitamin A, dan vitamin K. Kandungan lainnya yaitu kaya akan antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol LDL.

Minyak zaitun dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu:

1. Minyak Zaitun Ekstra Virgin

Kandungan minyaknya terbilang rendah. Aroma dan rasanya terbilang tajam dengan warna minyak kehijauan. Minyak ini tidak disarankan untuk memasak, melainkan langsung untuk dikonsumsi.

2. Minyak Zaitun Murni

Warna minyak hijau kekuningan. Sebaiknya minyak zaitun jenis ini tidak dipanaskan terlalu lama karena banyak mengandung nutrisi penting. Minyak ini merupakan minyak zaitun hasil proses lanjutan dari jenis minyak zaitun ekstra virgin.

3. Minyak Zaitun Sulingan

Warna minyak kekuningan. Minyak jenis ini biasanya digunakan untuk menumis bumbu dan sebagai bahan masakan. Minyak zaitun ini mengalami proses penyulingan lanjutan setelah proses penyulingan pertama sehingga khasiat minyak sudah banyak berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar