Senin, 21 Oktober 2013

Jenis-jenis Roti Tawar Sehat

Salah satu makanan yang dijadikan pilihan untuk sarapan adalah roti. Ya, roti memang memiliki rasa yang enak, praktis, dan gampang diolah. Namun, tahukah Anda? Dari sekian banyak varian roti, mana yang paling sehat?

Nah, berikut ini urutan roti tawar dari yang paling sehat menurut ahli gizi dr. Rosemary Stanton seperti yang dimuat koran Warta Kota, Minggu, 18 Agustus 2013.

1. Whole Grain Sour Dough
Roti ini berasal dari Jerman dan mempunyai rasa yang agak asam. Adonannya tidak mengandung gula sehingga roti ini dinilai sehat. Jenis roti ini cukup sulit ditemui di Indonesia.

Roti ini dapat dicerna tubuh selama 18 jam dan mempunayi indeks glikemik (IG) yang rendah. Para ahli gizi mengungkapkan bahwa roti ini memiliki nutrisi dan serat yang paling tinggi yakni sekitar 1 - 4,5 per potong.

2. Whole Grain Rye
Roti ini terbuat dari gandum rye dan mempunyai tekstur yang lebih berat dibandingkan roti lain karena kandungan glutennya rendah. Selain itu roti ini mempunyai kandungan serat dan vitamin yang tinggi.

3. Whole Grain Biji-bijian
Jenis roti ini banyak ditemui di Indonesia dan mempunyai tekstur yang sedikit lebih kasar dibanding dengan roti tawar putih biasa. Bedanya dengan roti gandum biasa adalah adanya tambahan biji-bijian seperti biji rami, kedelai, atau biji bunga matahari.

Roti ini mempunyai kandungan serat empat kali lebih tinggi daripada roti putih. Serat roti ini lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga mempunyai IG yang rendah. Rosemary mengungkapkan bahwa roti gandum ini sebenarnya paling bagus disantap untuk makan siang (contohnya dibuat sandwich). Makanan ini dapat membantu Anda kenyang lebih lama karena proses pelepasan energi menjadi lebih lama.

Roti Tawar
ARLETA KUSUMASARI/kumpulanfotogratis.com

4. Gandum
Roti gandum ini berwarna kecokelatan. tetapi terkadang, adonannya dicampur dengan tepung terigu putih dan dedak gandum dalam proses pembuatannya. Fungsi adalah untuk memberikan tekstur yang sedikit lebih lembut.

Roti gandum lebih cepat dicerna dan mempunyai IG yang tingginya dibanding whole grain. Selain itu, roti ini juga mempunyai serat yang tinggi, yodium dan asam folat. Vitamin dan mineralnya juga lebih tinggi dari tepung terigu.

5. Roti Tawar Putih
Roti ini dibuat dari roti yang lainnya. Roti ini dibuat dari gandum yang sudah dikupas kulitnya sehngga warnya menjadi putih. Seratnya lebih sedikit dibanding roti gandum.

Roti ini merupakan sumber protein dan karbohidrat yang baik. Roti ini juga mengandung thiamin, yodium, dan asam folat. Roti ini dapat meningkatkan IG dalam tubuh. Kekenyangannya tidak bertahan lama karena seratnya lebih sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar