Rabu, 09 Oktober 2013

Cara Membersihkan Mesin Kopi

Banyak orang yang biasa menyeruput secangkir kopi di pagi hari untuk meningkatkan semangat dalam beraktivitas. Tetapi, jika mesin kopinya belum dicuci atau masih menyisakan ampas kopi di mesin kopi tersebut, tentu kopi menjadi tak terasa enak untuk dinikmati. Selain itu, warna teko yang kekuningan juga akan mengurangi nikmatnya seduhan kopi.

Mengatasi noda atau kerak pada mesin kopi dengan menggunakan sabun cuci biasa, mungkin agak susah juga. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir untuk membersihkan mesin kopi karena ada cara mudah membersihkannya dengan menggunakan cuka.

Berikut langkah-langkah mudah membersihkan mesin kopi seperti dikutip dari Kompas.com dan dimuat harian Warta Kota, Minggu 18 Agustus 2013.
  1. Buang semua sisa kopi yang ada di dalam mesin kopi, baik di teko maupun di filter mesinnya.
  2. Bilas teko kopi dengan menggunakan air dingin. Lalu, tambahkan cuka ke dalamnya. Perbandingan cuka dan air adalah 1:2.
  3. Tuangkan cuka dan larutan air ke dalam reservoir mesin kopi. Selanjutnya, nyalakan mesin kopi seperti ketika hendak menyeduh kopi. Setelah siklus pembuatan kopi ini selesai, matikan mesin.
  4. Biarkan larutan cuka di dalam teko. Diamkan selama 15 menit. Kemudian buang larutannya.
  5. Bilas larutan cuka tersebut dengan air hingga bersih. Masukkan air bersih ke dalam reservoir dan nyalakan mesin kopi. Lakukan dua kali hingga benar-benar bersih. Diamkan mesin sampai dingin (15 menit).
  6. Cuci teko dan saringan kopi dengan air hangat dan sabun. Bilas hingga bersih dan keringkan.

Bagaimana, mudah bukan? Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu Anda dalam mendapatkan secangkir kopi yang nikmat. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar