Jumat, 08 November 2013

Agar Tahu Lembut Tidak Mudah Hancur

Tahu lembut semacam tahu sutra atau tahu telur tentunya akan terasa lezat jika dibuat sup. Apalagi sup yang dibuat adalah sup yang kental. Pastinya terasa mengasyikkan bila menyantap sup seperti ini ketika cuaca dingin atau saat sedang turun hujan.

Karena mengandung banyak air, tahu lembut dikemas di dalam plastik kedap udara seperti es mambo atau di dalam mangkuk yang ditutup plastik kedap udara.

Tahu sutra sedikit lebih padat dibanding tahu telur. Tahu sutra dikemas di dalam kotak bertutup kedap. Sedangkan tahu telur dikemas di dalam plastik kedap udara mirip es mambo. Cara membukanya harus dipotong bersama plastiknya supaya tidak hancur.

Kuah sup dapat dibuat dari kaldu ayam, kaldu daging sapi, ikan, atau udang. Cara membuatnya, rebus ayam, ikan, daging, atau udang di dalam air dingin hingga matang. Apinya tidak boleh terlalu besar.

Supaya aroma sup terasa segar, tambahkan jahe agak banyak khusus untuk ikan dan udang. Kuah sup juga dapat ditambahkan taoco. Miso sup merupakan sup dengan taoco berisi tahu yang terkenal di Jepang.

Sup juga dapat dibuat sedikit manis, pedas, atau asam. Gabungan antara pedas dan asam juga pas untuk dibuat menjadi sup tahu. Sekarang, tahu telur dijual dalam berbagai rasa sehingga dapat disesuaikan dengan jenis kaldu atau kuah sup.

Nah, supaya tahu tidak mudah hancur, potong tahu tidak terlalu kecil. Usahakan supaya tidak diaduk terlalu sering saat tahu sudah masuk. Masukkan tahu terakhir. Jika membuat dalam jumlah banyak, ambil seperlunya saja. Masukkan tahu ke dalam sup yang akan disajikan saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar