Kamis, 14 Februari 2013

Ciri-ciri Bakso yang Aman dan Halal

Beberapa waktu yang lalu beredar kabar tentang adanya penggunaan bahan non pangan pada produk bakso. Hal tersebut membuat konsumen menjadi ragu karena bahan ini bisa berbahaya bila dikonsumsi. Lalu, bagaimanakah caranya mengenali bakso yang aman dan halal?

Berikut tips yang diberikan oleh Jurnal Halal edisi 99 tahun 2013 seperti dikutip dari detikFood.

1. Kenali Ciri-ciri Fisik Bakso Secara Kasat Mata

Bakso yang berkualitas mempunyai bentuk bulat halus, ukurannya seragam, bersih, tidak kusam, serta tidak berjamur atau berlendir.

2. Perhatikan Warna pada Bakso Mentah atau Siap Santap

Bakso yang baik biasanya berwarna coklat muda cerah atau sedikit kemerahan dan warnanya merata. Selain itu, bakso yang bagus juga tidak berbau apek seperti bau tengik, asam, basi, atau busuk.


3. Pastikan Adanya Logo Halal

Untuk mendapatkan bakso yang benar-benar halal, pastikan gerai bakso yang Sobat kunjungi mempunyai sertifikat halal. Pastikan juga tertera logo halal dari badan sertifikasi terpercaya pada kemasannya bila membeli bakso yang siap olah. Selain itu, perhatikan pula tanggal produksi serta tanggal kadaluarsanya.

4. Membuat Bakso Sendiri

Sobat juga dapat membuat bakso sendiri supaya lebih terjamin keamanannya. Dagingnya dapat dipilih sendiri dan dibeli di lokasi yang khusus menjual daging berlabel halal. Sobat dapat memastikan semua bahan yang digunakan aman dan halal dengan membuat bakso sendiri ini.

Demikian sedikit informasi tentang mengenali ciri-ciri bakso yang aman dan halal. Semoga bermanfaat buat Sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar